Get Free Shots from Snap.com
KITA SONGSONG SEMESTERAN KENAIKAN KELAS DENGAN PERSIAPAN YANG MATANG

SELAMAT DATANG DI BLOG SMP

Sabtu, 30 April 2011

ACARA ADAT KUDUS



Buka Luwur
buka luwur merupakan upacara penggantian kain klambu penutup makam yang berlangsung tiap tahun. Upacara buka luwur diawali dengan penglepasan luwur lama dan dilanjutkan dengan pemasangan luwur yang baru. Upacara ini dirangkai dengan pengajian umum dan tahlil bersama.
• Buka luwur Sunan Kudus dilaksanakan setiap tanggal 10 Syuro
• Buka luwur Sunan Muria dilaksanakan setiap tanggal 16 Syuro


Kupatan
kupatan yaitu tradisi yang dilaksanakan pada hari ke 7 setelah Idul Fitri dengan keramaian hiburan rakyat mulai pagi sampai sore. Kupatan dilaksanakan di berbagai daerah antara lain di Bulusan Desa Hadipolo (Kec. Jekulo), Desa Kesambi (Kec. Mejobo), Sendang Jodo Desa Purworejo (Kec. Bae).



1. Dandangan
dandangan yaitu tradisi menyambut datangnya Bulan Romadlon / bulan puasa yang dilaksanakan di sekitar Menara Kudus. Puncak acara adalah pada malam 1 Romadhon.Masyarakat berkumpul di sekitar Masjid Menara Kudus untuk mendengarkan pengumuman dan bedug yang dipukul bertalu-talu sebagai tanda dimulainya ibadah puasa keesokan harinya. Banyaknya masyarakat yang berkumpul tersebut dimanfaatkan para pedagang kecil dan mainan anak-anak untuk menjajakan dagangannya.

2. Ampyang
ampyang merupakan salah satu acara tradisional yang bertujuan untuk memperingati hari kelahiran Nabi besarMuhammad SAW. Ampyang dilaksanakan di Desa Loram Kulon.Berdasaran cerita, ampyang adalah sejenis krupuk bentuk bulat dan beraneka warna yang dijadikan hiasan tempat makan dari bambu ( didalamnya terdapat nasi dan lauk pauk ) diusung ke Masjid Wali At Taqwa Loram Kulon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

GEO VISITE


INFO

PENGUMUMAN UN AKAN DI LAKSANAKAN TGL 7 MEI 2010 SELAMAT ATAS SUKSESNYA KUDUS MEMECAHKAN REKOR MURI MEMAINKAN SERULING 5180 YANG DI PROMOTORI OLEH MGMP-SENI

INFO KELAS

BELAJAR DENGAN SUNGGUH 2 | KREATIF | TIDAK MUDAH PUTUS ASA | MENERIMA MASUKAN | SPORTIF | NASIONALIS | AGAMIS